Cara Merawat Sogon Ijoan Cepat Bunyi Dan Fighter



    Halo sobat kicau Gimana kabarnya? Semoga sehat selalu oke teman-teman di kali ini saya ingin berbagi tips perawatan burung sogon Ijoan agar cepat berbunyi, dan Nantinya juga memiliki mental yang bagus. mungkin buat teman-teman di rumah yang baru saja mengombyok burung sogon ijoan atau sudah memiliki burung sogon ijoan di rumah nantinya teman-teman bisa melakukan perawatan yang akan saya bagikan ini dan perawatan ini juga sudah saya terapkan kepada burung ijoan saya dan di sini teman-teman. 
sogon ijoan ini dulu saya dapatkan dari ombyokan, Nah mungkin buat teman-teman ada yang masih ingat dengan burung ini jadi burung ini dulunya saya dapatkan dari ombok karena burungnya itu terlihat mapan ketika bersama burung ombyokan lain makanya burung ini saya beli dan saya bawa pulang. dan jika dihitung sampai saat ini Burung ini sudah saya rawat 1 bulan lebih sedikit jadi belum ada 2 bulan. 
Untuk burung sogon ijoan saya ini hariannya sudah aktif dan juga rajin ngeriwik ya walaupun burungnya itu masih ngerwik-ngeriwik halus kemudian disambung ngwik kasar dan juga ngobra-ngobra tapi ini sudah cukup bagus mengingat burungnya itu masih sangat muda atau masih ijoan. 

    Kemudian Bagaimanakah perawatan yang harus kita terapkan kepada burung sogon ijoan agar burungnya itu cepat berbunyi? sebenarnya untuk perawatan burung sogon ijoan seperti ini sangat mudah dan juga simpel. yang paling utama kita buat burungnya itu mapan dulu atau burungnya itu nyaman di dalam sangkarnya tidak giras atau tidak menabrak ruji sangkar. jadi kalau kita dekati hanya loncat-loncat dan tidak sampai ketakutan, jika burungnya itu sudah mapan atau sudah tidak terlalu takut jika ada orang di sekitarnya maka burungnya itu nanti akan cepat berbunyi. dan untuk perawatan harian yang saya terapkan sangat simpel.
Jadi yang pertama cukup kita jaga kebersihan teman-teman bisa bersihkan alas sangkarnya setiap hari dan setelah kita membersihkan sangkar atau alas sangkarnya kemudian burung bisa kita jemur. untuk penjemuran burung sogon saya ini saya lakukan sekitar 1 jam tapi ini bertahap ya teman-teman, Jadi pada awal saya dapatkan itu burung hanya saya jemur sekitar 30 menit kemudian setiap harinya saya tambah sekitar 10 menit hingga burung sogonya kuat saya jemur sampai dengan 1 jam. 
jadi jangan langsung dijemur lama kita buat bertahap dan usahakan untuk penjumuran tempat gantungannya jangan terlalu tinggi cukup dibuat rendah saja agar burungnya itu tidak takut dengan keadaan di sekitarnya dan akan lebih cepat mapan.

    Kedua teman-teman juga bisa lakukan penjemuran di bawah atau tidak Kita gantung, jadi untuk penjemuran jangan digantung tinggi cukup digantung rendah atau kita taruh di bawah kemudian setelah saya jemur 1 jam burung akan saya angin-anginkan. untuk tempat mengangin-anginkan ini juga tidak saya buat terlalu tinggi yaitu saya buat sangat rendah sekitar 1M kurang lebih seperti itu teman-teman. jadi gantungannya sangat rendah sekali dan tempat gantungan ini sendiri juga saya buat dekat dengan jalan yang dibuat oleh lalu lalang orang tujuannya juga sama agar burung cepat beradaptasi dan tidak takut jika ada orang di sekitarnya jadi untuk perawatan yang saya terapkan hanya itu saja. 
kalau untuk pakan opsional jadi untuk nektarnya cukup gunakan satu jenis nektar saja jangan pernah dirubah-rubah nah jika kita lakukan secara rutin setiap hari maka burung sogon akan lebih cepat berbunyi karena nantinya burung akan cepat beradaptasi dan mapan di dalam sangkarnya, sehingga kita tinggal melakukan perawatan harian seperti itu dan menunggu burungnya itu sampai gacor. 

    Nah itu kalau untuk perawatan harian agar cepat berbunyi kemudian Bagaimanakah caranya agar burung sogon itu nantinya dapat memiliki mental bagus ketika burungnya itu sudah dewasa? kalau untuk mental yang saya terapkan kepada burung sogon ijoan saya ini adalah dengan cara menjauhkan atau mengasingkan burung sogon ini dari burung sogon yang lain. jika teman-teman memiliki burung sogon lebih dari satu dan kebetulan yang satunya itu lebih tua ataupun sama-sama muda maka teman-teman sebaiknya jangan dipertemukan, usahakan setiap harinya tidak saling melihat tapi kalau untuk bertemu dengan jenis burung lain yaitu selain burung sogon itu tidak apa-apa yang terpenting jangan bertemu satu jenis yaitu sogon dengan sogon.
kalau sogon dengan burung yang lain yang beda jenis tidak masalah, Nah setiap harinya saya lakukan seperti itu akhirnya burung sogon saya ini juga sudah mulai timbul mentalnya atau sudah kelihatan bahwa burung ini nantinya akan memiliki mental bagus karena burung ini juga sempat saya latih ya teman-teman. untuk saya lakukan pengetrekan dan bahkan untuk pengetrekan sendiri saya pertemukan dengan burung yang lebih tua yaitu burung sogon yang sudah trotol dan untuk responnya sendiri sangat bagus sekali di mana burung sogon ijoan saya ini tidak takut ataupun menghindar ketika bertemu dengan burung sogon yang lebih tua.

    Sogon ini terlihat burungnya tidak takut ya teman-teman dan bahkan burung sogon ijoan saya ini juga sudah mau ngeriwik ketika bertemu burung sogon yang lain. jadi teman-teman sogon saya sudah mau ngeriwik ketika kita tempel dengan burung sogon yang lain, nah Jadi intinya untuk melatih mental usahakan perawatan harian jauhkan dari burung sogon yang lain jangan saling lihat kalau hanya mendengar suaranya saja tidak apa-apa yang terpenting tidak sering bertemu, karena memang burung usia masih muda jadi kita harus merawatnya dengan hati-hati dan juga konsisten. jadi kurang lebih seperti itu cara melatih mentalnya agar nantinya burung sogon kita bisa memiliki mental bagus jadi buat teman-teman di rumah yang memiliki burung sogon ijoan. teman-teman bisa terapkan perawatan seperti yang sudah saya jelaskan tadi lakukan secara konsisten dan usahakan burung sogonnya tidak terlalu sering kita trek atau kita tempel dengan burung sogon yang lain, tapi kalau hanya sekali saja satu dua kali tidak apa-apa tujuannya untuk melihat responnya saja jika kita tempel burungnya ada respon sudah burung Kita pisah lagi dan harianya jangan di dipertemukan. sampai burung sogon tersebut harianya dirasa sudah sangat rajin sudah belajar Ngalas baru nanti kita pertemukan lagi dengan burung sogon yang lain istilahnya kita tempel atau kita trek.

    Nah jadi kurang lebih seperti itu ya teman-teman cara merawat burung sogon Ijoan agar cepat bunyi dan juga memiliki mental bagus fighter nantinya. Oke mungkin segini dulu untuk pembahasan kali ini semoga penjelasan ini dapat memberikan manfaat edukasi dan juga informasi untuk teman-teman semuanya Terima kasih yang sudah membaca sampai habis sampai jumpa di penjelasan selanjutnya dan salam kicau mania.