Perawatan Burung Sogon Yang Sedang Mabung Atau Nyulam

 


    Halo sobat kicau Gimana kabarnya Semoga sehat selalu, di pembahasan kali ini saya ingin berbagi tips perawatan burung sogon yang sedang rontok bulu. mungkin buat teman-teman di rumah yang kebetulan ada burung sogonya sedang mengalami rontok bulu kemudian teman-teman bingung bagaimana untuk perawatan hariannya ? dan apakah perawatan burung sogon yang sedang rontok bulu itu sulit seperti bagaimana dengan pakan hariannya ? Apakah perlu ditambahkan pakan yang lain Kemudian untuk penjemurannya apakah perlu ditambah durasinya dikurangi atau malah tidak dijemur sama sekali ? terkadang hal-hal kecil seperti ini yang akan membuat kita bingung ketika menghadapi burung sogon yang sedang rontok bulu, jadi sebenarnya seperti apakah perawatan burung sogon yang sedang rontok bulu berikut perawatannya. 

    Oke jadi Kebetulan sekali burung sogon saya si Oskar sedang mengalami rontok bulu jadi untuk rontok bulunya ini memang cukup banyak teman-teman bisa terlihat di dasar sangkarnya namun mohon maaf kalau terlihat kotor, karena memang belum saya bersihkan selama beberapa hari karena Kebetulan saya masih ada kerjaan lain yang cukup menyita waktu jadi belum sempat untuk membersihkannya namun disini kita fokus ke bulu-bulunya jadi rontok bulunya ini sudah mulai berjalan sekitar 3 sampai dengan 4 hari dan sudah mulai cukup banyak bulu-bulu yang jatuh di dasar sangkarnya. 

    Kemudian untuk perawatan sendiri sebenarnya itu sangat mudah sekali dan bisa dikatakan sama sekali tidak ada perubahan atau tidak ada perawatan khusus, jadi teman-teman bisa tetap lakukan perawatan harian seperti biasanya Kenapa begitu? karena burung sogon itu ketika merontokan bulunya itu tidak semuanya atau kata lainnya burung sogon itu tidak mabung melainkan hanya menyulam. Jadi kalau mabung rontok bulunya itu akan serentak dengan waktu yang cukup cepat jadi seperti bulu halus dan juga bulu besar akan cepat sekali jatuh secara bersamaan, sedangkan kalau nyulam bulu pergantiannya tidak langsung semuanya melainkan secara satu persatu makanya burung sogon ketika rontok bulu bulunya tidak sebanyak burung lain yang sedang mabung. 

    Karena memang untuk jatuhnya bulu itu menyulam jadi rontok dulu beberapa helai besoknya akan rontok lagi beberapa helai dan seterusnya, jadi secara bertahap sampai bulu-bulu tuanya itu semuanya berganti bulu baru. Makanya saya bilang untuk perawatan hariannya itu masih sama tidak ada perbedaan jadi teman-teman bebas bisa lakukan pengembunan penjemuran sesuai dengan perawatan harian yang teman-teman biasa lakukan. kalaupun ada tambahan mungkin teman-teman bisa berikan krodong dan untuk pengrodongannya teman-teman bisa mulai mungkin sekitar pukul 3 sore atau 4 sore dan biarkan burungnya beristirahat sampai besok hari. jadi kalaupun ada tambahan mungkin hanya krodong saja Kemudian untuk yang lain seperti penjemuran tidak perlu ditambah ataupun dikurangi, Kemudian untuk pengembunan teman-teman bisa tetap lakukan. 

    Berikutnya untuk pakan juga tidak perlu diganti atau ditambahkan mungkin kalau teman-teman ingin menambahkan cukup tambahkan extra fooding saja dan itu tergantung dari burungnya kalau burungnya suka ulat kandang teman-teman berikan saja ulat kandang setiap hari, kemudian kalau burungnya suka kroto silahkan berikan kroto setiap hari tujuannya untuk mempercepat proses menyulamnya agar segera berganti dengan bulu yang baru. kemudian selama masa nyulam sendiri biasanya sogon juga tidak terlalu banyak mengalami penurunan performa kalaupun ada penurunan mungkin hanya sedikit, contohnya kalau harianya itu sogon suka ngleper ngleper tiba-tiba lebih banyak ngobra itu teman-teman. tidak perlu khawatir karena memang kondisinya itu sedang nyulam namun kebanyakan burung sogon ketika nyulam tidak akan macet melainkan tetap berbunyi walaupun itu hanya ngobra-ngobra saja, dan nanti setelah nyulamnya selesai burungnya akan kembali fit lagi dan yang pastinya akan kembali ngleper seperti biasanya.

    Jadi kurang lebih seperti itu ya teman-teman perawatan burung sogon yang sedang merontokan bulunya Jadi pada intinya untuk perawatannya sangat mudah dan simpel sekali, kita tidak perlu merubah perawatan hariannya tetap lakukan perawatan seperti biasanya dan kalaupun ada tambahan mungkin hanya pengkondisian saja yaitu seperti tambahan krodong yang kita berikan pada sore hari. ketika burungnya akan istirahat agar waktu istirahat burung sogonya itu lebih terjamin sehingga pergantian atau menyulam bulunya akan lebih maksimal. kemudian kalau untuk secara fooding itu terserah teman-teman kalaupun memang burungnya tidak suka extra fooding ya tidak perlu diberikan dan tidak perlu dipaksakan untuk makan extra fooding, namun kalau memang suka teman-teman bisa berikan ekstra fooding yang disukai oleh burung sogonya setiap hari. 

    Oke mungkin segini dulu untuk pembahasan kali ini semoga dapat memberikan manfaat edukasi dan juga informasi untuk teman-teman semuanya Terima kasih Yang udah mampir menyimak sampai habis, sampai jumpa di pembahasan selanjutnya dan salam kicau mania.